Memperbaiki Touchpad Error di Fedora

Beberapa waktu yang lalu, saya jenuh dengan GNOME. Oleh sebab itu saya memasang PLASMA. Namun apa daya, itu hanya pelarian sesaat. Akhirnya saya memutuskan untuk membuang plasma dan kembali ke gnome.

Proses balikan ini tidak berjalan mulus, setelah saya remove plasma kemudian set gdm over sddm kemudian reboot, startx gagal start. Hal ini disebabkan karena komponen gnome ada yang hilang terbawa plasma yang saya buang. Okelah tidak apa-apa, saya install gnome lagi. Kemudian reboot dan jreng masuk ke Desktop. Senangnya, bisa balikan ke gnome.

Namun ternyata, cobaan untuk balikan masih ada. Semua lancar ketika di wayland session, namun karena saya belum sreg, saya switch ke Xorg session. Disini masalah muncul lagi, Touchpadnya hanya bisa klik kanan dan klik kiri, tidak bisa move kursor. WTF dalam hati.

Sudah pusing, saya putuskan cari solusi di pegelinux. Disana, disarankan untuk memasang Xorg-libinput karena diduga paket itu belum terpasang. Hmmm masuk akal, oke saya pasang di fedora dengan cara:

sudo dnf install xorg-x11-drv-libinput

dan jreng, bisa. Wow, awesome. :laughing:

Terima kasih pegelinux….. :+1: