Dilema Work From Home akibat Corona Virus

16 Januari 2020 • 2 menit untuk membaca artikel ini

Ini dilema yang ada di benakku, sangat mengganjal. Aku tulis aja biar aga legaan. Ada banyak hal yang terbayang dalam benakku. Soal WFH. Work from home, aku sebut wfh aja biar singkat. Jika seandainya kantor nerapin aturan wfh karena virus corona, maka inilah dilema yang kupikirkan.

Dilema pertama, pulang ke rumah atau tetap tinggal di kost? Pengennya sih pulang ke rumah tapi aku kepikiran dengan orang rumah. Bagaimana jika ternyata pas perjalanan pulang aku terpapar virus corona di transportasi umum. Sampai rumah sudah pasti aku akan menulari mereka. Orang rumah justru lebih rentan karena isinya orang tua dan anak kecil. Lebih dari itu di kampung, fasilitas kesehatan kurang memadai. Puskemas jauh. Rumah sakit lebih jauh. Pilihan terbaik adalah engga pulang, aku sayang mereka. Jadi aku gak mau bawa virus ke mereka.

Dilema kedua kenyamanan, sudah pasti kerja dari rumah/kost engga nyaman. Gak ada AC, gak ada kursi yang empuk, gk ada meja yang cocok buat kerja. Pas siang hari sudah serasa di dalam sauna, panas. Aku gak punya working space di dalam rumah/kost.

Dilema ketiga, fokus kerja, aku sangat yakin akan susah untuk fokus jika kerja dari rumah/kost. Distraksinya sangat banyak. Mulai dari benda hidup, benda mati, kasat mata, dan tak kasat mata. Orang-orang disekitar akan sulit untuk dijelasin bahwa kita itu kerja dari jam 08.00 - 16.00, walaupun sedang di rumah/kost. Pasti ada aja gangguannya. Ditambah lagi distraksi dari diri sendiri.

Dilema keempat, komunikasi, tatap muka aja masih sering miss komunikasi. Apalagi jarak jauh.

Dilema kelima, administrasi, apakah kantor secara sistematis sudah siap dengan wfh? Aku tidak bisa menjawabnya. Bagi pemain baru untuk urusan manajemen kerja remote ini gak segampang kerja onsite. Butuh banyak penyesuaian.

Btw, sysadmin itu lahir sudah membawa mindset kerja remote. Daily life sysadmin ya remote ssh, kecuali ada masalah tertentu yang mengharuskan onsite, misalnya maintain hardware.

Itu sedikit unek-unek, haha. Semoga pandemik ini segera berakhir.

Not cool~

Otherslice of life

Sumarsono

System Administrator
Kembali ke atas

Wireless Card RTL8723DE in Manjaro Linux>>

<<Males Masukin Kredensial Mysql