Gamepad Terios X3 Mode USB

24 Januari 2020 • 2 menit untuk membaca artikel ini

Kira-kira setengah tahun yang lalu, aku membeli sebuah gamepad murah meriah yang dilabeli “Terios X3 Bluetooth Wireless Gamepad for Smartphone”. Tujuan awal beli adalah untuk main game psp di HP Android pakai emulator ppsspp. Gamepad ini langsung bisa dipakai begitu terhubung dengan dengan bluetooth HP. Jika gamepad ini bisa dipakai melalui koneksi bluetooth, apakah bisa juga dipakai dengan koneksi kabel usb? Untuk PC yang gak ada bluetoothnya tentu akan sangat berguna.

Penggunaan gamepad terios x3 dengan kabel usb, tidak tertulis di buku manualnya. Di buku manualnya hanya tertera cara pakai menggunakan bluetooth. Ketika gamepad dihubungkan ke PC, ia hanya mode charging, tidak terdeteksi apapun di lsusb. Mungkin, ada kombo yang harus ditekan sama halnya dengan ketika menggunakan koneksi bluetooth.

Ternyata cara menggunakan mode usb terios x3 sangat mudah.

  • Lepas kabel usb gamepad terios x3.
  • Tekan dan tahan tombol R1 + Home, hingga lampu 1 dan 4 kedip-kedip, lepaskan.
  • Colok kabel USB dari PC ke gamepad terios x3, ditunggu sebentar maka akan menyala lampu nomer 2.

Ketika lampu nomer 2 menyala, cek lsusb maka gamepad akan terbaca:

Bus 002 Device 008: ID 2563:0575 ShanWan     PC/PS3/Android Gamepad

Sampai disini coba buka gamepad configuration di Settings, test tombolnya, sudah bisa dipakai. Tapi ketika di coba di PPSSPP untuk PC, tombol dpad tidak berfungsi padahal di gamepad configuration tombol dpad jalan normal.

Nah ternyata ada satu mode lagi yang support PPSSPP di PC, mode xbox. Caranya yaitu ketika lampu nomer 2 menyala, tekan dan tahan tombol Home sampai lampu yang menyala pindah ke nomer 4. Ketika lampu nomer 4 menyala dan kita cek lsusb, maka akan terdeteksi:

Bus 002 Device 010: ID 045e:028e Microsoft Corp. Xbox360 Controller

Test di ppsspp gamepad terios x3 mode xbox sudah bisa dipakai, semua button berfungsi termasuk dpadnya. Akhirnya gamepad terios x3 yang kubeli bisa kupakai di HP pakai bluutooth dan di PC pakai kabel USB. Lumayan gamepad murmer jadi serbaguna.

Cool~

Techgamelinuxgamepad

Sumarsono

System Administrator
Kembali ke atas

Gamepad Terios X3 Linux>>

<<Ubuntu server 18.04 static ip address