Relay Email Melalui Amazon Simple Email Service

5 Januari 2020 • 2 menit untuk membaca artikel ini

Ngurus email server itu PITA, pain in the **s. Install dan setup-nya sih gampil, semudah membalik telapak tangan. Tapi maintenance ini yang meh setengah mati. Memastikan email terkirim dan masuk ke INBOX tujuan, itu sulit. Apalagi bagi pemain kecil yang sewa dedicated IP saja tidak sanggup tapi ngotot bikin email server sendiri. Seriously, beli aja email account ke pemain besar, lebih reliable dan membuat hidup damai. Modal 4-10 USD sudah dapat 1 mail account untuk 1 bulan.

Lain cerita ya kalau for shake of learning, kalau untuk belajar ya hajar aja setup mail server. Worth it kok, ilmu yang Bisa dipelajari dari email server ada buanyak. Satu tahun aja gak akan cukup untuk melahap ilmu di mail server. Bukan sekedar install and forget ya.

Udah basa-basinya, AWS SES itu layanan email dari Amazon yang cukup menarik karena harga murah. Dulu aku tidak tertarik untuk mencoba AWS SES karena belum ada di region Asia Pacific (Singapore). Nah belum lama ini, tepatnya bulan juli 2020 si AWS mengumumkan kalau SES sudah ada di Singapore. Berikut ini adalah skrinsut harga amazon ses untuk region Singapore:

Harga AWS SES Singapore

Murah meriah ya menurut saya. Cocok untuk kebutuhan teman-teman yang sedang belajar untuk relay email, atau send bulk email dari aplikasi lewat SMTP.

Setup amazon ses ini gampil, straight forward:

  1. Login ke console AWS
  2. Pergi ke menu SES
  3. Add domain + verifikasi domain
  4. Generate DKIM
  5. Tambah dan verifikasi email
  6. Generate SMTP Credential
  7. Copas atau Download SMTP credetial yang telah dibuat

Selesai, cuma itu aja buat setup amazon ses. Selanjutnya untuk relay outbound email kita lewat amazon ses tinggal setup sender dependent transport di email server kita, cuma masukin smtp host milik aws ses, portnya, user smtp dan pass smtp. Setup relay ke aws ses selesai.

Lanjut tes hasil relaynya, berikut ini ss email yang di relay lewat SES

Email dari SES

Kalau di cek original messagenya, maka akan tampak:

Original Message SES

Techlinuxemail relayawsses

Sumarsono

System Administrator
Kembali ke atas

Dns Over Tls Pakai Systemd Resolved>>

<<Podman, Buildah, Crun, Cgroupv2 Manjaro Linux